6 Tips Perjalanan Jauh Dengan Mobil Sendiri, agar Nyaman & Menyenangkan

Bagikan ke :

Menjelang liburan panjang, banyak orang yang mempersiapkan liburan. Sebagian orang memilih untuk pergi ke luar kota mengendarakan mobil. Sebab, perjalanan menggunakan kendaraan ini dinilai praktis dan efisien terutama bagi keluarga. Mobil dapat memuat banyak penumpang dan sifatnya fleksibel dibandingkan dengan kendaraan umum. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke luar kota, berikut ini adalah tips perjalanan jauh menggunakan mobil yang perlu diperhatikan.

Tips Perjalanan Jauh Aman dan Nyaman

1. Bawa Barang Seperlunya

Euforia mempersiapkan liburan adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Terkadang saking semangatnya seseorang membawa barang-barang yang sebenarnya tak perlu untuk dibawa. Jika Anda berencana liburan selama beberapa di suatu kota, bawa baju dan peralatan yang diperlukan. Jangan membawa baju terlampau banyak karena Anda akan kesusahan sendiri. Untuk peralatan traveling yang umum dibawa antara lain baju, kamera, power bank, uang tunai, charger hp/kamera, dan topi/jaket. Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda. Sebagi tambahan, saat perjalanan dianjurkan untuk membawa obat-obatan jika sewaktu-waktu ada yang sakit di perjalanan.

2. Cek Kondisi Mobil

Selain mempersiapkan barang untuk liburang, wajib hukumnya untuk mengecek kondisi mobil kesayangan Anda. Ada beberapa bagian mobil yang harus dicek antara lain pengecekan rem, lampu, ban, dan air radator. Anda harus memastikan air radiator mobil Anda penuh. Jangan lupa untuk membawa ban dan pendokrak untuk berjaga-jaga jika suatu hal terjadi di tengah perjalanan. Dengan mempersiapkan segala sesuatu termasuk kondisi mobil, kendala kendaraan di tengah perjalanan bisa dihindari.

3. Bawa Makanan dan Minuman

Jika perjalanan liburan hanya 30 menit, mungkin Anda tak perlu membawa makanan kecil atau pengganjal perut. Namun, jika perjalanan yang ditempuh berjam-jam bahkan berhari-hari, membawa bekal adalah keharusan. Jika merasa repot membawa nasi, maka snack atau roti mengenyangkan dapat dijadikan alternatif terbaik. Hal ini tak hanya membuat perjalanan semakin menyengkan. Namun, ini adalah antisipasi jika di perjalanan tidak ditemukan penjual makanan atau minuman. Bahkan, kini sudah sangat canggih karena Anda bisa membawa kotak pendingin untuk minuman kesukaan Anda.

4. Pelajari Rute Perjalanan

Sebelum pergi, ingatlah untuk mempelajari rute perjalanan terlebih. Hal ini mengantisipasi agar tidak tersesat saat di jalan. Memang, saat ini telah tersedia gps yang bisa diakses dari android atau smarphone. Akan tetapi, gps ini memerlukan jaringan internet. Saat tak ada sinyal maka gps pun tak bisa digunakan. Ada baiknya Anda mengenali rute perjalanan sebelum berkendara. Ini akan membuat Anda bisa menghemat waktu dan sampai di tujuan sesuai waktu yang telah diperkirakan.

5.Berhenti Saat Lelah

Perjalanan dengan mobil sifatnya fleksibel. Anda bisa berhenti d suatu tempat untuk sejeank bermalam atau sekedar melepas lelah. Jangan paksa tubuh untuk menyetir jika rasa kantuk menyerang. Berkendara saat lelah atau tidak fokus akan beresiko terjadinya kecelakaan. Jika Anda tak ingin membuang banyak waktu dengan bermalam di hotel, Anda bisa beristirahat sejenak sambil makan di restoran atau di tempat umum seperti masjid dan pom bensin.

6. Nikmati Perjalanan Berlibur

Tips terakhir yaitu Anda harus menikmati perjalanan. Agar perjalanan panjang tidak membosankan, bawalah koleksi lagu-lagu favorit Anda. Musik akan membuat perjalanan terasa lebih menyenangkan. Atau, ajaklah berbicara teman atau kerabat yang Anda ajak untuk berlibur. Jangan lupa nikmati pemandangan sekitar yang dilalui.

Itulah 6 tips perjalanan jauh yang harus Anda ketahui. Selamat berlibur!


Bagikan ke :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *